Dampak Sistem Cerdas bagi Kehidupan Kita

Teknologi Sistem Cerdas yang dipakai pada Sistem Jalan Tol

Kelebihan Sistem Manual


Dengan menggunakan sistem manual, sumber tenaga kerja manusia di Indonesia menjadi terpakai sehingga mampu mengurangi jumlah pengangguran yang kian meningkat setiap tahunnya. Operator penyedia jasa jalan tol dapat menghemat biaya untuk pembelian infrastruktur dan teknologi pendukung modern, seperti gardu dengan portal otomatis sesuai program. Pengelola cukup menempatkan petugas untuk melayani para pengguna jalan tol, baik ketika membayar maupun memberikan kartu ketika memasuki ruas jalan tol.


Kekuarangan Sistem Manual


Kesalahan dalam bertransaksi dapat terjadi karena kesalahan yang disebabkan faktor manusia (Human Errors), hal ini akan menyebabkan antrian kendaraan lain yang juga ingin membayar. Antrian ini akan menyebabkan kemacetan dan kurangnya efisiensi waktu, karena akan memperlama waktu tempuh dari jalur tol asal menuju jalur tol tujuan.


Keuntungan Sistem e-Toll 


Layanan terhadap penggunaan e-toll melalui pengembangan layanan GTO (Gardu Tol Otomatis) yang memberikan kecepatan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi pembayaran. Waktu transaksi di gardu tol akan lebih cepat dan efisien tanpa harus berinteraksi dengan petugas tol. Bahkan pengemudi tidak perlu menghentikan mobil pada saat melakukan transaksi pembayaran tarif tol dengan e-Toll Card, melainkan cukup memperlambat kecepatan mobilnya. Jika transaksi di gardu tol dengan sistem terbuka pembayaran dengan uang tunai dibutuhkan waktu sekitar 7 (tujuh) detik, maka dengan menggunakan e- Toll Card ini bisa kurang dari 4 (empat) detik. Dengan layanan e-Toll Card ini diharap dapat mempercepat pembayaran dan mempersingkat waktu, sehingga antrian panjang disekitar gerbang tol tidak terjadi lagi seperti biasanya.

Kerugian Sistem e-Toll


Penggunaan e-Toll saat ini masih memiliki kelemahan yaitu hanya diterbitkan oleh pihak bank dengan sistem prabayar, memiliki nilai minimum nominal dan hanya bisa dipergunakan pada beberapa ruas jalan tol saja. Selain itu pihak operator penyedia jasa jalan tol memerluhkan biaya yang tidak sedikit untuk memberikan infrastruktur yang lebih baik seperti biaya untuk membeli peralatan, biaya perawatan peralatan, dan biaya - biaya lain.

Transaksi Jalan Tol



Pemerintah telah memberikan suatu kebijakan sebagai satu solusi, tinggal bagaimana masyarakat menerima dan memelihara fasilitas yang telah ada. Operator penyedia jasa jalan tol harus lebih mampu menjalankan sistem teknologi ini agar lebih dikenal masyarakat dan tetap memberikan pelayanan yang terbaik. Peningkatan pelayanan sangat diperluhkan untuk mendukung penggunaan sarana e-Toll menjadi lebih tersosialisasi, karena manfaat e-toll dapat bermanfaat bagi kita semua. Pemeliharaan sistem juga sangat diperlukan untuk pengawasan dan mengurangi risiko kesalahan teknis yang mungkin dapat terjadi dalam penerapan sistem e-Toll. Pemahaman masyarakat mengenai e-Toll sebagai alat keuntungan bisnis semata harus diubah menjadi "e-Toll adalah teknologi yang bermanfaat bagi semua masyarakat, bukan hanya pengusaha, BUMN, Bank, dan pihak-pihak terkait.



sumber :





Pandangan Saya : Dalam penggunaan Sistem Cerdas khususnya untuk Warga Negara Indonesia


Sistem Cerdas memang sangat dibutuhkan untuk era kehidupan yang sekarang. dengan adanya Sistem Cerdas segala pekerjaan manusia cepat, hemat dan efisien. Tetapi banyak juga warga negara Indonesia yang belom faham dan belum tahu apa itu Sistem Cerdas. Terutama di daerah plosok, Saya harap pemerintah Indonesia dapat mengenal teknologi masa kini bagi warganya untuk dapat mengakses segala hal. Dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang maju. 

Saya harap bagi warga Indonesia agar dapat menjaga fasilitas yang sudah diberikan oleh pemerintah. Jangan hanya memakainya tetapi merawatnya pun tidak bisa. Kebanyakan warga Indonesia yang tidak Nasionalisme hanya bisa memberikan kritikan tanpa disertai saran dan solusi untuk jalan keluarnya. hanya bisa mencaci maki pemerintah saja. Meskipun untuk saat ini kasus pemerintah yang korupsi proyek e-Ktp. semoga saja bisa dapat terselaikan.
Dampak Sistem Cerdas bagi Kehidupan Kita Dampak Sistem Cerdas bagi Kehidupan Kita Reviewed by M. Harun on Jumat, Desember 01, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Business

Author