Peng. Teknologi Sistem Cerdas
Definisi Peng. Teknologi Sistem Cerdas
Kecerdasan Buatan yang ditambahkan
kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi
Artifisial (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI)
didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya
dianggap komputer. Kecerdasan buatan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu
mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan manusia.
Ada beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem
pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan
robotika.
Banyak hal yang kelihatannya sulit
untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah.
Seperti contoh: menyelesaikan persamaan integral, mentransformasikan persamaan,
membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi
manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit
untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka,
bermain sepak bola.
Walaupun AI memiliki konotasi fiksi
ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer,
berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah
mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan
tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya pengendalian,
perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan
pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu
telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada
penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sistem AI sekarang ini sering
digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang
telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video
game.
Sejarah Teknologi Sistem Cerdas
Pada awal abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh
hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal
menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada 1642. Pada 19,
Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis yang
dapat diprogram.
Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead menerbitkan Principia
Mathematica, yang merombak logika formal. Warren McCulloch dan Walter Pitts
menerbitkan “Kalkulus Logis Gagasan
yang tetap ada dalam Aktivitas ” pada 1943 yang
meletakkan pondasi untuk jaringan syaraf.
Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program AI
pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I
di University of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis
oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh
Dietrich Prinz. John McCarthy membuat
istilah “kecerdasan buatan ” pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok
persoalan ini, pada 1956. Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan
Turing memperkenalkan “Turing test” sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test perilaku
cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan
psikoterapi Rogerian.
Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses
mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah
di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali
dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan
Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan syaraf sederhana dan Alain
Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted Shortliffe
mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi
pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala
disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan
terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang kusut secara
mandiri.
Pada tahun 1980-an, jaringan syaraf digunakan secara meluas
dengan algoritma perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul John
Werbos pada 1974. Pada tahun 1982, para ahli fisika seperti Hopfield
menggunakan teknik-teknik statistika untuk menganalisis sifat-sifat penyimpanan
dan optimasi pada jaringan syaraf. Para ahli psikologi, David Rumelhart dan
Geoff Hinton, melanjutkan penelitian mengenai model jaringan syaraf pada memori.
Pada tahun 1985-an sedikitnya empat kelompok riset menemukan kembali algoritma
pembelajaran propagansi balik (Back-Propagation learning). Algoritma ini
berhasil diimplementasikan ke dalam ilmu komputer dan psikologi. Tahun 1990-an
ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi berbagai
macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan catur,
mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal pada
tahun 1997. DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui penerapan metode
AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah mengganti seluruh
investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada pemerintah AS.
Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai pada 2004 dan berlanjut
hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan
dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia, menggunakan GPS, komputer
dan susunan sensor yang canggih, melintasi beberapa ratus mil daerah gurun yang
menantang.
Implementasi
Sistem Cerdas dikehidupan Sehari-hari
Dengan
semakin berkembangnya kemajuan teknologi, kini aplikasi kecerdasan buatan juga
digunakan untuk mendukung mudahnya pekerjaan dalam beberapa bidang.
1. Bidang Komputer dan Sains
Beberapa
daftar aplikasi yang sebelumnya dikembangkan oleh para peneliti kecerdasan
buatan adalah GUI (Graphical User Interface), Kalkulasi koordinat mouse pada
layar monitor, manajemen penyimpanan otomatis, pemrograman dinamis serta
pemrograman orientasi objek.
2. Finansial
Pada
bidang finansial, penggunaan kecerdasan buatan ditujukan pada pengorganisasian
operasi, investasi saham, dan memanajemen properti. Sebuah sistem yang memiliki
kecerdasan buatan dapat mengkalkulasi inflasi maupun deflasi yang akan terjadi
di masa depan serta dapat mengkalkulasi probabilitas naik turunnya harga saham
sehingga dapat digunakan untuk menentukan investasi secara detail.
3. Kesehatan
Pada
bidang kesehatan, sistem kecerdasan buatan telah digunakan, slah satunya adalah
algoritma genetika yang memungkinkan simulasi proses evolusi dan rekayasa
genetika diuji coba tanpa memerlukan “korban” makhluk hidup. Algoritma ini juga
dapat digunakan untuk pencocokan DNA yang sering digunakan dan saat ini mungkin
populer untuk mengidentifikasi identitas seseorang
4. Industri
Mesin
– mesin industri menggantikan
pekerjaan yang berbahaya bagi pekerja. di era sekarang ini banyak perusahaan dan pabrik banyak yang mengandalkan mesin dan teknologi untuk pembuatan barangnya,
5. Telekomunikasi
Pada
Bidang telekomunikasi, sistem kecerdasan buatan juga banyak digunakan antara
lain untuk pencarian heuristik tentang tenaga kerja mereka, mengatur
penjadwalan puluhan ribu pekerjanya, serta menentukan jumlah gaji sesuai dengan
kualitas kerja mereka. Semuanya dilakukan secara otomatis dengan kecerdasan
buatan yang telah diimplementasikan ke dalam sistemnya.
6. Pengembangan Game
Game
masa kini sudah menggunakan rule yang berbeda dari sebelumnya. Kini jika pemain
harus memulai lagi permainan maka dia tidak akan menemui pola yang sama dengan
yang dimainkannya sebelumnya.
7. Pengembangan Mainan
Peralatan
permainan seperti AIBO dan ASIMO, robot anjing cerdas dan robot yang menyerupai
manusia yang dapat berinteraksi dengan manusia menjadi salah satu favorit alat
bermain yang telah menggunakan kecerdasan buatan pada sistemnya. AIBO dan ASIMO
ini dapat berinteraksi dengan manusia melalui suara, fitur speech recognition
di dalamnya, robot ini dapat mengerti apa yang diucapkan manusia dan
menanggapinya.
Contoh Alat yang menerapkan Prinsip Sistem Cerdas dan AI.
Salah
satu alat yang menerapkan prinsip kecerdasan buatan dalam cara kerja nya adalah
Robot. Dewasa ini, kita sudah tidak asing lagi dengan keberadaan Robot sebagai
mesin-mesin yang membantu kerja manusia secara fisik, baik menggunakan pengawan
dan kontrol manusia.Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya,
pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan
dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan
limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, dan
untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen
di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan
pemotong rumput.
Beberapa
jenis Robot:
1.
Robot Mobil (Bergerak) yang bisa berpindah tempat.
Robot
Mobil atau Mobile Robot adalah konstruksi robot yang ciri khasnya adalah
mempunyai aktuator berupa roda untuk menggerakkan keseluruhan badan robot
tersebut, sehingga robot tersebut dapat melakukan perpindahan posisi dari satu
titik ke titik yang lain. Robot mobil ini sangat disukai bagi orang yang mulai mempelajari
robot. Hal ini karena membuat robot mobil tidak memerlukan kerja fisik yang
berat. Untuk dapat membuat sebuah robot mobile minimal diperlukan pengetahuan
tentang mikrokontroler dan sensor-sensor elektro.
2.
Robot Manipulator ( tangan )
Robot
ini hanyak memiliki satu tangan seperti tangan manusia yang fungsinya untuk
memegang atau memindahkan barang, contoh robot ini adalah robot las di Industri
mobil, robot merakit elektronik dll.
3.
Robot Humanoid, yaitu robot yang miliki kemampuan menyerupai manusia, baik
fungsi maupun cara bertindak, contoh robot ini adalah Ashimo yang dikembangkan
oleh Honda.
4.
Robot Berkaki
Robot
ini memiliki kaki seperti hewan atau manusia, yang mampu melangkah, seperti
robot serangga, robot kepiting dll.
5.
Flying Robot (Robot Terbang), yaitu robot yang mampu terbang, robot ini
menyerupai pesawat model yang deprogram khusus untuk memonitor keadaan di tanah
dari atas, dan juga untuk meneruskan komunikasi.
6.
Under Water Robot (Robot dalam air), robot ini digunakan di bawah laut untuk
memonitor kondisi bawah laut dan juga untuk mengambil sesuatu di bawah laut.
Dijelaskan
pada jenis robot diatas, bahwa salah satu jenis robot yaitu Robot Manipulator
adalah salah satu robot yang meringankan tugas manusia dalam bidang industri.
Robot industri diilustrasikan sebagai robot tangan yang memiliki dua lengan
(dilihat dari persendian), dan
pergelangan. Di ujung pergelangan dapat diinstal berbagai tool sesuai dengan fungsi
yang diharapkan. Jika dipandang dari sudut pergerakan maka terdiri dari tiga
pergerakan utama, yaitu badan robot yang dapat berputar ke kiri dan kanan,
lengan yang masing-masing dapat bergerak rotasi ke arah atas dan bawah, dan
gerak pergelangan sesuai dengan sifat tool.
Perangkat
pendukung robot industri secara umum dapat diilustrasikan dalam berikut ini.
Komponen utamanya terdiri dari 4 bagian, yaitu:
Manipulator,
adalah bagian mekanik yang dapat difungsikan untuk memindah, mengangkat, dan
memanipulasi benda kerja. Sensor adalah komponen berbasis instrumentasi
(pengukuran) yang berfungsi sebagai pemberi informasi tentang berbagai keadaan
atau kedudukan dari bagian-bagian manipulator. Output sensor dapat berupa nilai
logika ataupun nilai analog.
Konfigurasi
Manipulator
Secara
klasik konfigurasi robot manipulator dapat dibagi dalam 4 kelompok, yaitu
polar, silindris, cartesian dan sendi-lengan (joint-arm).
1. Polar
Manipulator
yang memiliki konfigurasi polar padat di ilustrasikan seperti pada gambar
diatas., badan dapat berputar ke kiri atau kanan. Sendi pada badan dapat
mengangkat atau menurunkan pangkal lengan secara polar. Lengan ujung dapat
digerakkan maju-mundur secara translasi. Konfigurasi ini dikenal cukup kokoh
karena sambungan lengan dan gerakan maju-mundur memiliki cara yang secara
mekanik sangat kokoh. Kemampuan jangkauan ke atas dan bawah kurang bagus karena
badan tidak mengangkat lengan secara vertikal, namun memiliki gerakan yang khas
yaitu mampu memanipulasi ruang kerja yang berbentuk bola dengan algoritma gerak
yang paling sederhana dibanding tipe konfigurasi yang lain.
2. Silinder
Konfigurasi
silinder mempunyai jangkauan berbentuk ruang silinder yang lebih baik, meskipus
sudut lengan terhadap garis penyangga tetap. Konfigurasi ini banyak diadopsi
untuk sistem gantry atau crane karena strukturnya yang kokoh untuk tugas
mengangkat beban. Pemasangan lengan ujung yang segaris dengan badan dapat lebih
menguntungkan kinematiknya menjadi lebih sederhana. Selain itu struktur secara
keseluruhan bisa lebih kokoh. Contoh yang mudah dijumpai adalah sistem crane
yang biasa digunakan dalam pembangunan gedung-gedung bertingkat tinggi.
3. Cartesian
Konfigurasi ini secara relatif adalah yang paling kokoh untuk tugas mengangkat beban yang berat. Struktur ini banyak dipakai secara permanen pada instalasi pabrik, baik untuk mengangkat dan memindah barang produksi maupun untuk mengangkat peralatan-peralatan berat pabrik ketika melakukan kegiatan instalasi.
Crane
di galangan kapal juga banyak mengadopsi struktur ini. Pada aplikasi yang
sesungguhnya, biasanya struktur penyangga, badan dan lengan dibuat sedemikian
rupa hingga tumpuan beban merata pada struktur. Misalnya, penyanggah dipasang
dari ujung ke ujung. Mekanik pengangkat di badan menggunakan sistem rantai dan
sprocket atau sistem belt. Pergerakan lengan dapat menggunakan sistem seperti
rel di kiri-kanan lengan.
4. Konfigurasi sendi-lengan
Konstruksi
ini yang paling popular untuk tugas-tugas regular didalam pabrik, terutama
untuk dapat melaksanakan fungsi layaknyapekerja pabrik, seperti mengangkat
barang dari konveyor, mengelas,memasang komponen mur, baut pada produk, dan
sebagainya.Dengan tool pergelangan yang khusus struktur lengan-sendi inicocok
digunakan untuk menjangkau daerah kerja yang sempit dengan sudut jangkauan yang
beragam.
Sensor,
pada robot industri ada dua kategori, yaitu : Internal Sensor, digunakan untuk
mengontrol posisi, kecermatan dan lain-lain. Contohnya adalah potensiometer,
optical encoder. . External Sensor, digunakan untuk mengontrol dan
mengkoordinasi robot dengan environment. Contohnya adalah switch sentuh, infra
merah.
Aktuator, adalah komponen bergerak yang jika dilihat
dari prinsip penghasil geraknya dapat di bagi menjadi 3 bagian, yaitu penggerak
berbasis motor listrik (motor DC servo, stepper moto, motor AC, dsb.),
penggerak pneumatik (berbasis kompresi gas: udara, nitrogen, dsb.), dan
penggerak hidrolik (berbasis kompresi benda cair:minak pelumas, dsb.).
Kontroler,
adalah rangkaian elektronik berbasis mikroprosesor yang berfungsi sebagai
pengatur seluruh komponen dalam membentuk fungsi kerja. Tipe pengaturan yang
bisa diprogramkan mulai dari prinsip pengurut (sequencer) yang bekerja sebagai
open loop hingga prinsip umpan balik yang melibatkan kecerdasan buatan.
Namun,
dibalik semua penggunaan dan cara kerja Robot Industri yang digunakan manusia,
alat tersebut masih memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.
Ada
beberapa kekurangan dalam penggunaan sistem otomasi robot. Penggunaan sistem
otomasi robot di Negara berkembang akan mengurangi lapangan pekerjaan yang ada.
Dalam hal ini kita jelas tahu bahwa Negara berkembang memiliki tenaga kerja
yang sangat berlimpah dan penggunaan sistem otomasi akan mengurangi penggunaan
tenaga kerja manusia. Biaya awal pengadaan Sistem Otomasi Robot memerlukan
biaya yang sangat besar.
Sedangkan,
dibawah ini beberapa Kelebihan Robot dalam Industri :
Kestabilan
& peningkatan kualitas produk
Variasi
hasil produksi berkurang
Peningkatan
dalam manajemen produksi
Mengatasi
masalah kurangnya tenaga terampil
Penghematan
sumber daya
Penghematan
material dan suku cadang
Kecelakaan
dapat dikurangi sehingga keselamatan kerja dan penghematan biaya perawatan
terus membaik.
Melihat
dari segi kekurangan dan kelebihan, kita selaku generasi cerdas harus bias
menyeimbangakan antara kecangihan teknologi dan juga ketersediaan tenaga kerja
di Indonesia.Dengan pemikiran bijak tersebut, diharapkan industry di tanah air
ini dapat berkembang dengan pesat, dapat menggunakan Sistem Optimasi Robot dan
juga menggunakan tenaga manusia.
Sumber :
Tugas
Softskill 1
Dosen : Nurul Adhayanti
Nama : Moh. Harun Al Rosyid
NPM : 17115594
Kelas : 3KA30
Dosen : Nurul Adhayanti
Nama : Moh. Harun Al Rosyid
NPM : 17115594
Kelas : 3KA30
Peng. Teknologi Sistem Cerdas
Reviewed by M. Harun
on
Sabtu, September 23, 2017
Rating:
Mantap gan. Fontnya Rapih. :D
BalasHapuspenempatan nya lumayan lahh. terus berkarya bang. numpang copas ya bang datanya
BalasHapusgadanta
BalasHapus