Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern


Penjelasan mengenai Inovasi SI dan TI Modern


Suatu Sistem adalah sekumulan bagian-bagian yang dibentuk menjadi satu untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan Informasi merupakan merupakan fakta/atau data yang diorganisasikan atau diolah secara tertentu sampai mempunyai arti bagi si penerima. Dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi merupakan sebuah kombinasi dari Teknologi Informasi dan aktivitas orang orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi manajemen, dalam arti luas Sistem Informasi merupakan interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.
Teknologi Informasi merupakan sebuah istilah umum untuk teknologi apapun yang membantu manusia untuk membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan, atau menyebarkan informasi

Inovasi merupakan sebuah proses atau hasil pengembangan dan pemanfaatan teknologi, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman untuk memperbaiki atau menciptakan suatu produk, proses, atau sistem baru yang memberikan nilai secara berarti atau signifikan.
Dapat disimpulkan bahwa Inovasi Sistem Informasi & Teknologi Informasi Modern merupakan sebuah pengembangan dan pemanfaatan teknologi yang membantu manusia dlam operasi manajemen dan lain lain untuk terus berkembang pada setiap zamannya. Inovasi inovasibaru selalu lahir atas perkembangan kinerja otak manusia yang bekerja di bidang SI & TI.

Terdapat beberapa Ciri pada Inovasi :



  1. Memiliki kekhasan / khusus artinya suatu inovasi memiliki ciri yang khas dalam arti ide, program,     tatanan, sistem, termasuk kemungkinan hasil yang diharapkan.
  2. Memiliki ciri atau unsur kebaruan, dalam arti suatu inovasi harus memiliki karakteristik sebagai sebuah karya dan buah pemikiran yang memiliki kadar Orsinalitas dan kebaruan.
  3. Program inovasi dilaksanakan melalui program yang terencana, dalam arti bahwa suatuinovasi dilakukan melalui suatu proses yang yang tidak tergesa-gesa, namun keg-inovasi dipersiapkan secara matang dengan program yang jelas dan direncanakan terlebih dahulu.
  4. Inovasi yang digulirkan memiliki tujuan, program inovasi yang dilakukan harus memiliki arah yang ingin dicapai, termasuk arah dan strategi untuk mencapai tujuan tersebut.

Beberapa Perubahan yang terjadi pada Inovasi


  1. Penggantian (substitution) 

Misalnya : Inovasi dalam penggantian jenis sekolah, penggantian bentuk perabotan, alat-alat atau sistem ujian yang lama diganti dengan yang baru.

     2. Perubahan (alternation)

Misalnya : Mengubah tugas guru yang tadinya hanya bertugas mengajar, ditambah dengan tugas menjadi guru pembimbing dan penyuluhan / mengubah kurikulum sekolah yang semula bercorak teoretis akademis menjadi kurikulum dan mata pelajaran yang berorientasi bernuansa keterampilan hidup praktis.

     3. Penambahan (addition)

Misalnya : Adanya pengenalan cara penyusunan dan analisis item tes objektif di kalangan guru sekolah dasar dengan tidak mengganti atau mengubah cara-cara penilaian yang sudah ada.

     4. Penyusunan kembali (restructturing)

Misalnya : Upaya menyusun kembali susunan peralatan, menyusun kembali komposisi serta ukuran dan daya tampung kelas, menyusun kembali urutan mata-mata pelajaran / keseluruhan sistem pengajaran, sistem kepangkatan, sistem pembinaan karier baik untuk tenaga edukatif maupun tenaga administratif, teknisi, dalam upaya perkembangan keseluruhan sumber daya manusia dalam sistem pendidikan.

     5. Penghapusan (elimination)

Contohnya : Upaya menghapus mata-mata pelajaran tertentu seperti mata pelajaran menulis halus, atau menghapus kebiasaan untuk senantiasa berpakaian seragam

     6. Penguatan (reinforcement)

Misalnya : Upaya peningkatan atau pemantapan kemampuan tenaga dan fasilitas sehingga berfungsi secara optimal dalam permudahan tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.




Tugas Softskill : Arbi Pramana

Nama : Mohammad Harun Al Rosyid
NPM  : 17115594
Kelas  : 2KA30

Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern Reviewed by M. Harun on Sabtu, Oktober 22, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar

Business

Author