Perbedaan IPA dan IPS
IPA dengan IPS?? mungkin ini adalah maslah sepele dan tak
terlalu di perdebatkan..tapi kalo misalnya di pikir2 itu merupakan awal dari
kita dewasa nanti. kok bisa ya..???
IPA ada salah satu jurusan di sekolah menengah atas, yang
katanya (menurut anak-anak SMA) adalah jurusan yang berisikan orang-orang
pintar. Di jurusan IPA jika kelak nanti lulus bisa mudah masuk ke perguruan
tinggi manapun , di jurusan KUA pun bisa menerimanya. di jurusan ini pelajaran
yang wajib dipelajari untuk menghadapi UAS juga adalah matematika,
kimia,fisika,dan biologi. sebagian besar anak-anak IPA yang masuk ke IPA selalu
mengeluh dengan pelajaran IPA yang begitu bikin pusing dan menjenuhkan.
sedangkan IPS adalah juga salah satu jurusan di sekolah
menengah atas. di jurusan ini kita dapat menjumpai pelajaran yang berisikan
pelajaran yang serba hafalan(huuff. . .susah juga ya..??). pelajaran itu di
antaranya sosiologi, akuntansi,sejarah,dan ekonomi (pusing juga ya . . .??).
tapi dari semua itu anak-anak IPS yang masuk IPS ,masih merasa enjoy dan selalu
santai. tak heran kalo IPS sering di jabarkan sebagai Ikatan Pelajar Santai. .
Tapi dari semua itu, kita sering menjumpai anak-anak yang
selalu membeda-bedakan anak2 IPA dengan ank2 IPS, mengapa demikian??karena
disebabkan dengan saling iri hati.. yang anak IPA iri dengan anak IPS yang
salalu santai, anak IPS yang iri karena anak IPA yang pinter2..(ini hanya
pendapat saya saja ya. . .?? jangan di masukan hati ya kawan2.. . ??)
Tapi dari itu semua apa pun atau di mana pun dia masuk
,entah dia akan sukses atau pintar itu tergantung dari anak itu berusaha dan
mendalami jurusan yang mereka pilih. .
dan kami akan menjelaskan dari pengertian ke dua jurusan
tersebut :
A. Pengertian IPS
Rumusan tentang
pengertian IPS telah banyak dikemukakan oleh para ahli IPS atau social studies.
Di sekolah-sekolah Amerika pengajaran IPS dikenal dengan social studies. Jadi,
istilah IPS merupakan terjemahan social studies.
Dengan demikian IPS dapat diartikan dengan “penelaahan atau
kajian tentang masyarakat”. Dalam mengkaji masyarakat, guru dapat melakukan
kajian dari berbagai perspektif sosial, seperti kajian melalui pengajaran
sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, politik-pemerintahan, dan
aspek psikologi sosial yang disederhanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Untuk memperoleh gambaran yang lebih luas tentang IPS, maka
penting untuk dikemukakan beberapa pengertian social studies dan IPS menurut
para ahli.
• Moeljono Cokrodikardjo mengemukakan bahwa IPS adalah
perwujudan
dari suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial. Ia
merupakan
integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial yakni sosiologi,
antropologi
budaya, psikologi, sejarah, geokrafi, ekonomi, ilmu politik
dan ekologi
manusia, yang diformulasikan untuk tujuan instruksional
dengan materi
dan tujuan yang disederhanakan agar mudah dipelajari.
• Nu’man Soemantri menyatakan bahwa IPS merupakan pelajaran
ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk pendidikan tingkat SD, SLTP, dan
SLTA. Penyederhanaan mengandung arti: a) menurunkan tingkat
kesukaran ilmu-ilmu sosial yang biasanya dipelajari di
universitas menjadi
pelajaran yang sesuai dengan kematangan berfikir siswa siswi
sekolah
dasar dan lanjutan, b) mempertautkan dan memadukan bahan
aneka
cabang ilmu-ilmu sosial dan kehidupan masyarakat sehingga
menjadi
pelajaran yang mudah dicerna.
B. Pengertian IPA
IPA sendiri
berasal dari kata sains yang berarti alam. Sains menurut Suyoso (1998:23)
merupakan “pengetahuan hasil kegiatan manusia yang bersifat aktif dan dinamis
tiada henti-hentinya serta diperoleh melalui metode tertentu yaitu teratur,
sistematis, berobjek, bermetode dan berlaku secara universal”.
Menurut Abdullah (1998:18), IPA merupakan “pengetahuan
teoritis yang diperoleh atau disusun dengan cara yang khas atau khusus, yaitu
dengan melakukan observasi, eksperimentasi, penyimpulan, penyusunan teori,
eksperimentasi, observasi dan demikian seterusnya kait mengkait antara cara
yang satu dengan cara yang lain”.
Dari pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa IPA
merupakan pengetahuan dari hasil kegiatan manusia yang diperoleh dengan
menggunakan langkah-langkah ilmiah yang berupa metode ilmiah dan didapatkan
dari hasil eksperimen atau observasi yang bersifat umum sehingga akan terus di
sempurnakan.
Dalam pembelajaran IPA mencakup semua materi yang terkait
dengan objek alam serta persoalannya. Ruang lingkup IPA yaitu makhluk hidup,
energi dan perubahannya, bumi dan alam semesta serta proses materi dan
sifatnya. IPA terdiri dari tiga aspek yaitu Fisika, Biologi dan Kimia. Pada
apek Fisika IPA lebih memfokuskan pada benda-benda tak hidup. Pada sapek Biologi
IPA mengkaji pada persoalan yang terkait dengan makhluk hidup serta
lingfkungannya. Sedangkan pada aspek Kimia IPA mempelajari gejala-gejala kimia
baik yang ada pada makhluk hidup maupun benda tak hidup yang ada di alam.
Berikut adalah meme lucu :
1. Perseteruan dimulai dari sini.
2. Hahaha...3. Nih penampilan anak IPA vs anak IPS.
9. Wah sudah mulai main kasar nih!
Sumber Refrensi :
http://wasangana.blogspot.co.id/
https://www.brilio.net/
Perbedaan IPA dan IPS
Reviewed by M. Harun
on
Rabu, Juni 15, 2016
Rating:
thanks gan infonya :V
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus