Perbedaan IPA dan IPS


IPA dengan IPS?? mungkin ini adalah maslah sepele dan tak terlalu di perdebatkan..tapi kalo misalnya di pikir2 itu merupakan awal dari kita dewasa nanti. kok bisa ya..???
IPA ada salah satu jurusan di sekolah menengah atas, yang katanya (menurut anak-anak SMA) adalah jurusan yang berisikan orang-orang pintar. Di jurusan IPA jika kelak nanti lulus bisa mudah masuk ke perguruan tinggi manapun , di jurusan KUA pun bisa menerimanya. di jurusan ini pelajaran yang wajib dipelajari untuk menghadapi UAS juga adalah matematika, kimia,fisika,dan biologi. sebagian besar anak-anak IPA yang masuk ke IPA selalu mengeluh dengan pelajaran IPA yang begitu bikin pusing dan menjenuhkan.
sedangkan IPS adalah juga salah satu jurusan di sekolah menengah atas. di jurusan ini kita dapat menjumpai pelajaran yang berisikan pelajaran yang serba hafalan(huuff. . .susah juga ya..??). pelajaran itu di antaranya sosiologi, akuntansi,sejarah,dan ekonomi (pusing juga ya . . .??). tapi dari semua itu anak-anak IPS yang masuk IPS ,masih merasa enjoy dan selalu santai. tak heran kalo IPS sering di jabarkan sebagai Ikatan Pelajar Santai. .
Tapi dari semua itu, kita sering menjumpai anak-anak yang selalu membeda-bedakan anak2 IPA dengan ank2 IPS, mengapa demikian??karena disebabkan dengan saling iri hati.. yang anak IPA iri dengan anak IPS yang salalu santai, anak IPS yang iri karena anak IPA yang pinter2..(ini hanya pendapat saya saja ya. . .?? jangan di masukan hati ya kawan2.. . ??)

Tapi dari itu semua apa pun atau di mana pun dia masuk ,entah dia akan sukses atau pintar itu tergantung dari anak itu berusaha dan mendalami jurusan yang mereka pilih. .

dan kami akan menjelaskan dari pengertian ke dua jurusan tersebut :

A. Pengertian IPS
     Rumusan tentang pengertian IPS telah banyak dikemukakan oleh para ahli IPS atau social studies. Di sekolah-sekolah Amerika pengajaran IPS dikenal dengan social studies. Jadi, istilah IPS merupakan terjemahan social studies.
Dengan demikian IPS dapat diartikan dengan “penelaahan atau kajian tentang masyarakat”. Dalam mengkaji masyarakat, guru dapat melakukan kajian dari berbagai perspektif sosial, seperti kajian melalui pengajaran sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, politik-pemerintahan, dan aspek psikologi sosial yang disederhanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Untuk memperoleh gambaran yang lebih luas tentang IPS, maka penting untuk dikemukakan beberapa pengertian social studies dan IPS menurut para ahli.

• Moeljono Cokrodikardjo mengemukakan bahwa IPS adalah perwujudan
dari suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial. Ia merupakan
integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi
budaya, psikologi, sejarah, geokrafi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi
manusia, yang diformulasikan untuk tujuan instruksional dengan materi
dan tujuan yang disederhanakan agar mudah dipelajari.

• Nu’man Soemantri menyatakan bahwa IPS merupakan pelajaran ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk pendidikan tingkat SD, SLTP, dan
SLTA. Penyederhanaan mengandung arti: a) menurunkan tingkat
kesukaran ilmu-ilmu sosial yang biasanya dipelajari di universitas menjadi
pelajaran yang sesuai dengan kematangan berfikir siswa siswi sekolah
dasar dan lanjutan, b) mempertautkan dan memadukan bahan aneka
cabang ilmu-ilmu sosial dan kehidupan masyarakat sehingga menjadi
pelajaran yang mudah dicerna.

B. Pengertian IPA
     IPA sendiri berasal dari kata sains yang berarti alam. Sains menurut Suyoso (1998:23) merupakan “pengetahuan hasil kegiatan manusia yang bersifat aktif dan dinamis tiada henti-hentinya serta diperoleh melalui metode tertentu yaitu teratur, sistematis, berobjek, bermetode dan berlaku secara universal”.

     Menurut Abdullah (1998:18), IPA merupakan “pengetahuan teoritis yang diperoleh atau disusun dengan cara yang khas atau khusus, yaitu dengan melakukan observasi, eksperimentasi, penyimpulan, penyusunan teori, eksperimentasi, observasi dan demikian seterusnya kait mengkait antara cara yang satu dengan cara yang lain”.
     Dari pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa IPA merupakan pengetahuan dari hasil kegiatan manusia yang diperoleh dengan menggunakan langkah-langkah ilmiah yang berupa metode ilmiah dan didapatkan dari hasil eksperimen atau observasi yang bersifat umum sehingga akan terus di sempurnakan.
     Dalam pembelajaran IPA mencakup semua materi yang terkait dengan objek alam serta persoalannya. Ruang lingkup IPA yaitu makhluk hidup, energi dan perubahannya, bumi dan alam semesta serta proses materi dan sifatnya. IPA terdiri dari tiga aspek yaitu Fisika, Biologi dan Kimia. Pada apek Fisika IPA lebih memfokuskan pada benda-benda tak hidup. Pada sapek Biologi IPA mengkaji pada persoalan yang terkait dengan makhluk hidup serta lingfkungannya. Sedangkan pada aspek Kimia IPA mempelajari gejala-gejala kimia baik yang ada pada makhluk hidup maupun benda tak hidup yang ada di alam.

Berikut adalah meme lucu :

1. Perseteruan dimulai dari sini.
 2. Hahaha...

3. Nih penampilan anak IPA vs anak IPS.

 4. IPA vs IPS.

 5. Eyaaa...

 6. IPS juga nggak mau kalah.

 7. Maju terus pantang mundur, anak IPA nggak mau kalah bikin analogi

 8. Skak mat dari anak IPS buat anak IPA!
 9. Wah sudah mulai main kasar nih!

 10. Anak IPS juga pasti nggak terima.

 11. Mak jleb ini!

 12. True?

 13. Anak IPA cupu, anak IPS gaul punya.

 14. Versi ceweknya nih!

 15. Ada yang seperti ini? Banyak banget!

 16. Nah lho!


Sumber Refrensi :
http://wasangana.blogspot.co.id/
https://www.brilio.net/
Perbedaan IPA dan IPS Perbedaan IPA dan IPS Reviewed by M. Harun on Rabu, Juni 15, 2016 Rating: 5

2 komentar

Business

Author